Artikel

Kupas Tuntas Cara Menghilangkan Jerawat yang Mesti Anda Ketahui

Kupas Tuntas Cara Menghilangkan Jerawat yang Mesti Anda Ketahui

Authored By Melisa Mel 1 Comment(s)

"Acne is bigger problem than injuries" -Brian Clough

 

Sebagian orang mungkin menganggap kalau pernyataan tersebut sangat berlebihan, ya.

Namun faktanya, jerawat memang bisa membuat Anda merasa sangat minder ketika berhadapan dengan orang lain. Penampilan jadi kurang maksimal, terutama ketika berfoto.

Apalagi kalau Anda mesti menghadapi pandangan sinis orang-orang sewaktu Anda berjerawat.

 Ah, nyali jadi ciut bahkan bisa bikin Anda malas ke luar rumah.

Oleh karena itu, jerawat wajib dituntaskan dengan cepat supaya tak lagi mengganggu kesempurnaan penampilan Anda. Selama ini tentu banyak fakta-fakta seputar jerawat yang belum Anda pahami.

Jadi, kali ini Anda mesti menyimak ulasan super lengkap seputar jerawat, cara menghilangkannya serta fakta-fakta lain yang penting untuk diketahui.

Yuk pelajari lebih lanjut mengenai jerawat, cara menyamarkan hingga menghilangkan bekas jerawat membandel! 

 

  1. Mari Mengenal Aneka Jenis Jerawat

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu kalau jerawat terdiri dari berbagai jenis.

Bermacam-macam jerawat tersebut dapat dibedakan berdasarkan bentuk, warna dan penyebabnya.

Setidaknya ada 7 jenis jerawat yang kerap timbul pada bagian wajah, yaitu :

Komedo Terbuka (Blackhead)

Komedo terbuka juga dikenal dengan istilah blackhead.

Komedo terbuka disebabkan oleh pori-pori terbuka yang kemudian tersumbat kotoran atau tersumbat minyak yang diproduksi secara berlebihan pada kelenjar minyak.

Jenis kotoran yang bisa menyumbat pori-pori adalah bakteri, keratin, dan sel kulit mati.

Kotoran atau minyak yang tersumbat itu akan mengalami oksidasi dan mengakibatkan warnanya berubah menjadi gelap.

Bagian hidung adalah yang paling sering mengalami komedo terbuka.

Bentuk komedo terbuka berupa bintik-bintik hitam tentu tak sedap dipandang dan membuat Anda jadi risih.

 

Komedo Putih

Whitehead atau komedo putih juga disebabkan oleh hal yang sama dengan komedo hitam.

Keratin, sel kulit mati, atau bakteri menyumbat pori-pori yang terbuka dan menimbulkan masalah kulit.

Namun bedanya, komedo putih tidak mengalami oksidasi sehingga warnanya tetap putih kekuningan.

Tekstur komedo putih akan terasa kasar dan mengurangi kesempurnaan makeup yang Anda gunakan.

 

Papula

Jenis jerawat ini biasanya berwarna merah, bentuknya agak bengkak dan meradang, tetapi tidak memiliki ujung yang menyerupai mata bisul.

Penyebab munculnya papula adalah komedo yang tidak diatasi dengan benar.

Dinding kelenjar yang mengandung komedo dapat meletus dan memicu penyebaran bakteri pada bagian kulit lainnya.

Hingga akhirnya penyebaran bakteri tersebut memicu peradangan dan warna merah di wajah Anda.

 

 

Pustula

Jerawat papula yang tidak diobati secara teratur akan berkembang menjadi pustula.

Sel-sel darah putih yang ada pada kelenjar minyak kulit akan berupaya melawan bakteri penyebab jerawat.

Hal inilah yang memicu timbulnya bintik kecil berwarna putih kekuningan pada jerawat yang sedang meradang.

Bintik kecil tersebut mengandung nanah yang merupakan sel darah putih.

 

 

Jerawat Batu

Benjolan dan kista yang terdapat pada lapisan bawah kulit merupakan biang keladi penyebab jerawat batu (cystic acne).

Jerawat batu menyebabkan peradangan yang cukup parah dan sulit diatasi karena berada di lapisan bawah kulit.

Bila Anda mengalami jerawat batu, sebaiknya Anda tidak memencetnya secara sembarangan.

Sebab luka jerawat tersebut dapat menimbulkan bekas luka yang sangat sulit dihilangkan.

Proses penyembuhan jerawat batu harus dilakukan secara cermat di bawah bimbingan dokter spesialis kulit.

 

Jerawat Conglobata

Biasanya pria dan wanita berusia 18 hingga 30 tahun lebih rentan mengalami jerawat conglobata.

Ciri khas jerawat conglobata ditandai dengan peradangan parah yang sambung menyambung antara jerawat yang satu dengan jerawat lainnya.

Lebih parahnya lagi, jerawat ini bisa aktif selama bertahun-tahun bila tidak diatasi dengan benar.

Pada umumnya jerawat conglobata akan menyebabkan kerusakan kulit yang parah berupa tekstur bopeng.

 

Jerawat Fulminans

Berhati-hatilah dengan jerawat conglobata yang tak kunjung sembuh.Karena jerawat tersebut dapat memicu penurunan kekebalan tubuh dan kondisi yang lebih buruk lagi. Jerawat conglobata dapat berkembang menjadi jerawat fulminans dengan gejala yang sangat mengganggu.

Gejala jerawat fulminans tidak hanya muncul pada peradangan di wajah, melainkan juga dapat menyebabkan sakit pada sendi, demam, bahkan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar leher.

 

  1. Ragam Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

 

Daripada terus menggerutu karena jerawat yang tak kunjung sembuh, sebaiknya Anda lekas mengatasinya sesegera mungkin. Anda bisa mencoba ragam cara alami terlebih dahulu untuk menghilangkan jerawat yang mengganggu. Selain lebih praktis dan bahan-bahannya mudah didapat, menghilangkan jerawat secara alami juga minim efek samping.

 

Penguapan Sederhana dengan Hasil yang Maksimal  

Salah satu cara mudah mendapatkan perawat wajah terbaik di rumah adalah dengan penguapan / steaming facial. Penguapan sendiri sangat bagus untuk kulit Anda kapan saja, tetapi terutama ketika kulit Anda sedang mengalami masalah jerawat. Uap akan membuka pori-pori Anda dan memungkinkan kulit Anda untuk bernapas. Ini membantu menyingkirkan minyak, kotoran dan bakteri yang terperangkap di pori-pori yang dapat menyebabkan infeksi atau bahkan peradangan.

Penguapan tidak memerlukan apapun kecuali air. Pertama-tama, Isi pancil dengan 1  - 2 cangkir air. Kemudian panaskah sampai mendidih. Sembari menunggu air mendidih, bersihkan wajah sampai benar-benar bersih dari make up, debu, keringat, ataupun minyak yang menempel pada permukaan kulit wajah. Hal ini sangat penting, karena penguapan dapat membuka pori-pori kulit Anda. Jika kotoran masih menempel di kulit wajah, maka dapat mengakibatkan iritasi. Perlu diingat untuk selalu bersihkan wajah dengan pembersih ringan sebelum penguapan, Setelah yakin sudah sepenuhnya bersih, keringkan wajah Anda dengan handuk kering secara perlahan.

Jika air sudah mendidih, tuangkan air ke dalam baskom sedang. Jangan gunakan baskom berbahan plastic, karena akan beresiko molekuk plastik pada baskom ikut penguap dan menempel pada pori-pori kulit Anda nantinya. Sebagai tambahan, Anda juga bisa menambahkan cairan herbal seperti essential oils, ataupun dengan teh herbal. Selain memberikan aroma yang membuat Anda nyaman dan tenang saat penguapan, kandungannya pun dapat bermanfaat untuk kulit Anda.

Lakukan penguapan dengan handuk di atas kepala Anda. Hal ini berguna untuk membantu uap dari air hanya fokus di wajah Anda. Letakkan kepala Anda di jarak yang cukup dekat sampai terasa uap memijat kulit Anda. Hati-hati jangan sampai terlalu dekat dan membakar kulit Anda.

Penguapan biasanya berlangsung selama 5 - 10 menit, oleh karena itu Anda disarankan untuk duduk saat melakukan perawatan ini. Jangan lakukan penguapan lebih dari 10 menit, terutam ajika Anda memiliki kulit yang sensitif dan banyak masalah kulit. Setelah proses penguapan selesai, bilas wajah Anda dengan air hangat. Anda bisa menambahkan sentuhan akhir dengan yang terbuat dari lemon atau cuka apel dan juga pelembab.

 

Hanya dengan Es Batu

Es batu dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan jerawat secara cepat. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh suhu dingin yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke daerah yang terkena jerawat. Selain itu, es batu juga dapat membantu mengencangkan pori-pori, menghilangkan kotoran, dan minyak terakumulasi pada kulit.  Yang terpenting dari cara ini adalah suhu dingin yang dimiliki oleh es, jadi Anda bisa memilih bentuk es batu ataupun bongkahan es yang telah dihancurkan. Temperatur es akan membuat kulit lebih rileks dan jerawat yang membengkak pun lebih mudah hilang.

Caranya, bungkus es dengan selembar kain, tempelkan & tekan secara perlahan di area jerawat selama beberapa detik. Tunggu selama beberapa menit dan ulangi proses tersebut. Anda juga bisa langsung menempelkan es batu tanpa balutan kain jika ingin. Namun, pastikan kalau Anda menggunakan es yang higienis agar tidak ada bakteri yang justru memperparah jerawat. Jerawat yang bengkak dan memerah tentu sulit disamarkan secara sempurna. Tetapi penggunaan es batu bisa membantu mengatasi pembengkakan jerawat tersebut.  Kebersihan tangan pun harus diperhatikan sebelum memegang es dan mengusapkannya pada wajah.

 

Pasta Gigi Multiguna

Ya, tidak hanya berguna untuk membersihkan gigi kita setiap hari, pasta gigi juga dapat membantu mengatasi jerawat di wajah secara cepat. Cara ini akan lebih efektif jika dibarengi dengan pengaplikasian es pada area jerawat seperti di poin sebelumnya.

Caranya, ambil sedikit pasta gigi putih (bukan pasta gigi gel) dengan jari Anda. Aplikasikan pada area jerawat dan biarkan selama 1 malam. Di pagi hari, bersihkan wajah Anda dengan air. Cara ini bisa juga dilakukan di siang hari, namun pastikan biarkan pasta gigi minimum selama 1 setengah jam pada area yang berjerawat.

 

Siapkan Bawang Putih yang Sudah Dimemarkan

Bawang putih mengandung antioksidan dan anti peradangan alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Siapkan satu siung bawang putih yang sudah dimemarkan kemudian oleskan pada bagian wajah yang sedang berjerawat. Diamkan hingga sisa bawang putih mengering dan terserap sempurna pada pori-pori wajah. Nanti jerawat pasti lekas kempes dan segera sembuh.

Selain digunakan di luar wajah, memakan bawang juga dapat membantu kesehatan kita. Satu siung bawah putih setiap hari dapat membantu memperlancar peredaran darah.

 

Cairan Pembersih Mulut Juga Tak Kalah Berkhasiat

Cairan pembersih mulut (mouthwash) juga terdiri dari anti bakteri yang ampuh membasmi bakteri penyebab jerawat.

Anda bisa mencampur air bersih dengan sedikit cairan pembersih mulut.

Gunakan campuran tersebut untuk mencuci wajah.

Tak sekadar mendapatkan wajah yang segar, proses penyembuhan jerawat juga berlangsung lebih cepat.

 

Masker Putih Telur yang Kaya Protein

Kandungan protein yang terdapat dalam telur sangat bermanfaat untuk wajah berjerawat. Sebab protein tersebut akan mempercepat regenerasi sel baru dan menghentikan peradangan. Mulailah dengan mengoleskan putih telur secara merata pada wajah, terutama bagian yang berjerawat. Tunggu selama 15 menit sampai putih telur mengering sebelum Anda membilas wajah dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, ulangi penggunaan masker setiap 3 hari sekali.

 

Percayakan pada Timun

Timun memang dipercaya menjadi salah satu bahan alami yang digunakan sebagai beberapa cara perawatan kulit. Timun memiliki kandungan yang bermanfaat seperti vitamin A, C, dan E. Tidak hanya itu, timun sendiri memiliki efek mendinginkan dan menyejukkan ketika digunakan pada kulit.

Timun juga dapat membantu mengatasi jerawat yang membandel. Caranya, potong satu atau dua timun segar menjadi beberapa bagian. Rendam potongan timun dalam air selama sekitar 1 jam. Cara ini berguna untuk memindahkan kandungan timun seperti vitamin A, kalium, dan klorofil ke air yang digunakan untuk merendam. Air tersebut dapat digunakan untuk dua cara, baik untuk diminum maupun mencuci muka.

Selain dengan air rendaman, timun juga bisa dijadikan masker. Caranya dengan menggiling satu timun dan oleskan sebagai masker di wajah Anda. Biarkan mongering sampai  kurang lebih 15 menit. Cuci wajah Anda dengan air hangat sambil dipijat secara perlahan. Cara ini dapat membentu memberishkan kotoran dan bakteri dari pori-pori kulit.

 

Buah Pepaya Atasi Jerawat dan Cerahkan Kulit

Pepaya mengandung berbagai macam vitamin seperti pro vitamin A karotenoid, beta karoten, vitamin C, B1 (Tiamina), B2 (Riboflavin), B3 (Niacin), B5 (Asam pantotenik), B6, B9 (folat), E, dan K. Bahkan, kandungan vitamin C buah pepaya lebih tinggi dari jeruk dan lemon. Enzim papain pada pepaya bisa membantu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan protein mati. Membuat kulit Anda lebih lembut halus, sehingga kulit tampak lebih muda dan bersinar. Dengan kandungan yang dimiliki, Pepaya  dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat serta menghilangkan noda bekas jerawat di wajah dengan cepat.

Tidak sulit, cukup dengan menghancurkan potongan papaya mentah untuk mengeluarkan sari buah papaya dan aplikasikan pada area yang berjerawat. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat. Cara lain dalam menggunakan papaya mengatasi jerawat adalah menjadikan papaya sebagai masker wajah pengelupasan. Tumbuk beberapa potongan pepaya dan tambahkan sedikit madu. Oleskan masker hasil perpaduan dua bahan tersebut di wajah Anda yang berjerawat, pijat dengan lembut dan biarkan hingga kering. Kemudian, bilas dengan air hangat sambil dipijat kembali secara perlahan.

 

Tomat untuk Menyamarkan Jerawat dan Bekasnya 

Mengapa Tomat? Tomat memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kita, baik dalam maupun luar tubuh. Kandungan tersebut antara lain antioksidan, solanin, saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, protein dan lemak. Vitamin C dan Vitamin A, juga mineral dan histamin. Bila Anda rutin mengoleskan irisan tomat pada wajah, pasti Anda akan segera merasakan manfaatnya. Tak cuma membuat kulit wajah jadi lembap dan cerah, proses penyembuhan jerawat akan berlangsung maksimal.

Anda bisa menggunakan tomat dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Karena penggunaan tomat sangat aman, mudah, dan tak menimbulkan efek samping pada kulit wajah. Untuk jerawat, tomat dapat mengatasi kemerahan pada kulit akibat jerawat, juga membantu mengatasi area luka bekas jerawat. Memakan tomat sendiri sudah dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh kita. Namun, tomat juga dapat digunakan di luar tubuh untuk fokus pada masalah jerawat.

 Untuk mengatasi jerawat, dianjurkan untuk menggunakan tomat ukuran utuh, bukan tomat cherry. Pilih tomat yang berwarna segar dan aromanya harum. Cara pertama menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengaplikasikan langsung tomat mentah yang telah dipotong dua ke area kulit yang berjerawat. Setelah sari dari tomat menempel di wajah, gunakan jari Anda untuk secara perlahan memijat sari tersebut selama beberapa detik. Lakukan proses ini di atas wadah dan siap sedia handuk di dekat Anda. Bilas wajah Anda dengan air hangat. Ulangi proses ini setiap hari untuk hasil yang maksimal

Tomat juga dapat digunakan sebagai masker. Metode ini cocok untuk Anda yang mempunyai masalah jerawat cukup berat. Hancurkan 1 buah tomat dan letakkan ke dalam 1 buah mangkok. Gunakan bagian dalam tomat sebagai masker wajah. Oleskan dan sebarkan di wajah Anda terutama di bagian yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih satu jam. Bilas wajah Anda dengan air hangat. Lakukan metode ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu..Anda juga bisa membuat masker menggunakan kombinasi tomat dan alpukat. Hancurkan tomat dan alpukat untuk digabungkan, lalu aplikasikan ke kulit Anda. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih. Metode ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Anda juga mengombinasikan Tomat dengan bahan-bahan alami lainnya untuk menambah manfaat yang lebih banyak. Contohnya, Anda bisa menggabungkan tomat dengan madu yang dapat penghasilkan adonan masker dengan tekstur yang lebih kental. Cukup peras 1 buah tomat untuk mendapatkan cairan sari yang segar, kemudian campur dengan sedikit madu. Oleskan masker tersebut ke kulit Anda dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Tomat juga bisa digabungkan dengan yoghurt. Hancurkan setengah tomat dan campurkan dengan dua sendok makan yogurt tawar. Oleskan masker perpaduan tersebut ke kulit Anda dan biarkan selama 20 menit. Bilas hingga bersih dengan air hangat. Masker ini dapat membantu peradangan jerawat.

 

Ternyata Obat Aspirin Juga Ampuh untuk Jerawat

Aspirin merupakan jenis obat yang mudah ditemukan di pasaran.

Kandungan asam asetil salisilat dalam aspirin bermanfaat untuk meminimalkan peradangan. Siapkan beberapa butir tablet aspirin lalu larutkan dengan air bersih hingga membentuk pasta. Oleskan pasta aspirin pada bagian wajah yang berjerawat lalu tunggu selama 20 menit sebelum membilas wajah. Tak cuma membuat jerawat menyingkir, pori-pori wajah pun akan mengecil dan kulit wajah menjadi lebih kenyal.

 

Madu yang Kaya Khasiat

 Khasiat madu untuk kesehatan memang tak perlu diragukan lagi. Madu adalah sumber antibiotik alami yang dapat mempercepat proses penyembuhan, serta membantu mencegah infeksi. Madu bermanfaat sebagai antioksidan dan anti bakteri yang baik untuk kulit. Gunakan madu asli untuk menghilangkan jerawat secara praktis.

Ada beberapa cara untuk menggunakan madu dalam mengatas jerawat. Cara yang paling sederhana adalah dengan menggunakan madu dengan kapas. Celupkan kapas bersih ke dalam madu, taruh langsung di area yang terkena dan biarkan selama setengah jam. Bilas kulit dengan bersih dengan air hangat. Lakukan metode ini beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal

Campuran Baking Soda dan Air Hangat

Bukan sekadar menjadi bahan pengembang kue, baking soda juga dikenal sebagai bahan eksfoliator yang baik. Sel-sel kulit mati akan lekas mengelupas dan peradangan jerawat lekas membaik dengan penggunaan baking soda.

Siapkan dua hingga tiga sendok teh baking soda lalu campurkan dengan air hangat. Gunakan masker baking soda pada seluruh permukaan wajah. Lakukan pijatan lembut agar baking soda meresap sempurna lalu bilas dengan air bersih setelah 15 menit.

 Jangan Buang Dulu Kulit Pisang Anda

Setelah makan pisang, jangan langsung membuang kulitnya, ya.Cara menghilangkan jerawat dengan kulit pisang ternyata sangat praktis. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada seluruh permukaan wajah, terutama bagian wajah yang berjerawat.

Karena kulit pisang mengandung mineral, potasium, dan serat yang baik untuk kulit wajah. Diamkan selama 30 menit lalu Anda bisa membilas wajah dengan air bersih.

 

Oatmeal dan Susu Tak Sekadar untuk Sarapan

Mau tahu cara menghilangkan jerawat dengan oatmeal? Buatlah campuran oatmeal dan susu cair seperti yang biasa Anda santap saat sarapan. Selanjutnya, gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Kandungan protein, vitamin B kompleks, dan mineral pada oatmeal dan susu akan meresap sempurna pada pori-pori wajah. Maka jerawat yang memerah pun akan berangsur-angsur membaik. Jangan lupa membilas wajah sampai bersih untuk menyingkirkan sisa oatmeal dan susu yang tertinggal.

 

Manfaatkan Lemon untuk Kulit Bersih Bebas Jerawat

Tak ada yang meragukan lemon sebagai bahan terbaik yang dapat menghilangkan jerawat. Siapkan lemon yang sudah dibelah lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Kandungan vitamin C dalam lemon akan menuntaskan jerawat yang meradang. Bahkan Anda bisa mendapatkan bonus lainnya berupa kulit wajah yang lebih lembut dan cerah. Jangan menggunakan lemon ketika ada bekas luka di wajah. Karena hal tersebut akan membuat luka terasa perih dan berisiko menimbulkan iritasi.

Anda juga bisa memadukan satu sendok makan lemon jus dengan satu sendok teh bubuk kayu manis. Campurkan kedua bahan tersebut dan aplikasikan pada jerawat, biarkan selama satu malam. Di pagi hari, bersihkan wajah dengan air hangat. Perlu diingat, bahwa cara ini tidak cocok untuk kulit sensitif.

 

Beragam Kebaikan Yoghurt untuk Tuntaskan Jerawat

Cara menghilangkan jerawat secara alami juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan yoghurt.

Karena yoghurt mengandung zat probiotik, protein, vitamin C, dan sejumlah vitamin lainnya yang baik untuk kulit.

Anda bisa membuat campuran yoghurt dengan oatmeal atau madu asli sebagai masker.

Seperti cara menggunakan masker yang lain, oleskan secara merata pada wajah lalu bilas setelah 15 hingga 20 menit.

 

 Ragam Kebaikan Teh Hijau yang Baik untuk Wajah

Ketika wajah Anda berjerawat, penggunaan green tea dapat menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling praktis dan efektif. Campurkan satu sendok makan teh hijau (Anda bisa mendapatkannya dari teh hijau dalam kantong celup) dengan satu sendok makan madu asli dan satu sendok teh baking soda. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan Anda pun akan takjub dengan hasilnya. Jerawat berangsur-angsur hilang dan kulit wajah lebih cerah setelah beberapa kali pemakaian.

 

  1. Variasi Cara Lain untuk Menghilangkan Jerawat Secara Modern

Mungkin tak sedikit orang yang merasa pesimis dengan jerawatnya setelah mencoba berbagai cara alami.

Faktanya, ada beragam cara modern yang bisa dipilih untuk mengatasi jerawat yang kondisinya sangat parah.

Belum banyak orang yang mengetahui cara menghilangkan jerwat secara modern.

Tetapi melalui ulasan ini, pengetahuan Anda seputar cara menghilangkan jerawat pasti semakin bertambah.

Nanti Anda lebih leluasa menentukan cara terbaik untuk menghilangkan jerawat yang sangat mengganggu.

 

Konsumsi Obat Topikal

Obat topikal adalah jenis obat minum dengan kandungan khusus untuk menghentikan peradangan jerawat. Biasanya orang yang kondisi jerawatnya sudah parah juga akan diberi resep obat antibiotik untuk mengantisipasi peradangan yang lebih parah lagi. Anda mesti berkonsultasi dengan dokter kulit agar bisa mendapatkan jenis obat yang tepat. Biasanya dokter kulit akan memberikan resep obat minum untuk mengatasi jerawat batu dan jenis jerawat kronis lainnya.

 

Metode Laser YAG

Laser Neodymium-dopped Yttrium Aluminium Garnet (YAG) memang masih asing bagi sebagian besar orang awam.

Namun ternyata metode yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang sudah parah.

Penggunaan laser YAG akan memicu timbulnya sel-sel kulit baru.

Sehingga proses penyembuhan jerawat akan berlangsung secara cepat dan efektif.

 

Rekomendasi Penggunaan Laser CO2

Laser CO2 merupakan teknik yang cukup populer di kalangan masyarakat yang peduli terhadap kesehatan wajah.

Karena penggunaan teknik yang satu ini minim risiko dan tidak akan merusak jaringan wajah.

Setiap sesi perawatan wajah dengan laser CO2 akan berlangsung selama satu jam.

Anda dapat mengulanginya setiap 6 bulan sekali untuk mendapatkan hasil terbaik pada wajah Anda.

 

Tusuk Jarum atau Akupuntur Pun Kian Diminati

Tak sembarang orang bisa melakukan metode tusuk jarum untuk menyembuhkan jerawat.

Biasanya dokter atau terapis yang sudah berpengalaman akan menusukkan alat menyerupai jarum pada jerawat.

Tujuannya untuk memaksimalkan produksi kolagen yang berperan penting dalam proses regenerasi kulit.

Selain membuat jerawat lekas sembuh, biaya yang mesti dikeluarkan untuk cara menghilangkan jerawat ini juga tidak semahal metode laser.

 

  1. Masker Buatan Rumah untuk Kulit Berjerawat

Setelah membaca sejumlah cara-cara mengatasi jerawat secara alami, beberapa poin menyatakan bahwa menggunakan bahan-bahan alami sebagai masker adalah salah satu cara dalam mengatasi masalah jerawat. Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan masker wajah. Masker wajah jerawat buatan sendiri justru adalah solusi alami yang sangat baik untuk menyingkirkan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat. Dengan kandungan alami, masker buatan sendiri ini dapat membantu menyehaktan kulit dan membantu menghilangkan masalah yang berhubungan dengan jerawat.

Madu adalah bahan yang paling penting dalam membuat masker wajah untuk jerawat. Madu dapat membantu menghidrasi kulit Anda, membuatnya tetap lembut dengan menjaga kelembapan, dan meningkatkan pembaruan sel kulit. Mengapa madu sangat berkasiat? Kandungan yang dimiliki madu bermanfaat untuk kulit yang rentan jerawat karena sifat antiseptik dan antibakterinya. Sifat anti-inflamasinya juga membantu mengurangi  peradangan yang disebabkan oleh jerawat dan jerawat. Sebaiknya gunakan madu mentah, organik daripada madu olahan karena beresiko membuat kulit Anda iritasi.

Selain madu, dalam membuat masker, bahan-bahan seperti kayu manis, cuka sari apel, teh hijau, kunyit, dan susu juga digunakan karena bermanfaat dalam mengurangi jerawat dan bekas jerawat. Seperti madu, kayu manis memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi.  Asam alfa hidroksil dalam cuka sari apel membantu menyamarkan pori-pori kulit dan melarutkan sel-sel kulit mati. Selain itu, cuka sari apel mengobati noda, mengembalikan pH alami kulit Anda, dan meminimalkan munculnya pori-pori. 

Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang melawan radikal bebas berbahaya dan membantu Anda mempertahankan kulit yang cerah, tanpa cela, dan tampak lebih muda. Itu juga memiliki manfaat anti-inflamasi. Kunyit baik untuk mengobati masalah kulit, karena sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antioksidan. Ini juga membantu memudarkan noda dan bekas jerawat. Susu mentah mengandung asam laktat yang bekerja sebagai exfoliant yang lembut dan memberikan manfaat anti-penuaan.

Setelah mengenal lebih banyak mengenai bahan-bahan yang akan digunakan untuk masker jerawat yang akan dijelaskan berikut ini, perlu diingat untuk memastikan wajah sudah bersih dari make up, debu, noda, ataupun keringat yang menempel pada wajah. 

Masker 1- Cuka Sari Apel

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Cuka Sari Apel
  • Teh Hijau
  • Madu
  • Gula
  • Sendok The
  • Mangkok

Langkah-langkah:

  1. Tuangkan 1 sendok the cuka sari apel ke dalam mangkok
  2. Tambahkan 2 sendok teh teh hijau yang sudah direbus & didinginkan terlebih dahulu
  3. Tambahkan 5 sendok makan gula
  4. Terakhir, tambahkan 1 sendok teh gula
  5. Aduk bahan-bahan tersebut, untuk tekstur yang lebih tebal, Anda bisa menambahkan gula lebih banyak
  6. Oleskan masker ke wajah dengan menggunakan bantuan kapas secara perlahan selama beberapa menit

Biarkan masker selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air. Gunakan masker kecantikan ini sekitar sekali atau dua kali seminggu.

 

Masker 2 – Kayu Manis dan Madu untuk Jerawat

Bahan – Bahan yang Diperlukan

  • Kayu Manis Bubuk
  • Madu
  • Sendok Teh
  • Mangkok

Langkah – Langkah

  1. Tuangkan satu sendok teh kayu manis bubuk ke dalam mangkok
  2. Tambahan dua sendok makan madu
  3. Campurkan kedua bahan tersebut, jika tekstur dirasa terlalu tebal, Anda bisa menambahkan Madu
  4. Dengan jari Anda, oleskan masker ke wajah dan biarkan selama 10 sampai 15 menit

Setelah selesai, bilas wajah menggunakan air hangat. Anda juga bisa menambahkan lemon jus atau campuran cuka apel dan air sebagai toner sentuhan air. Masker ini aman digunakan sebagai perawatan wajah setiap hari

Masker 3 – Kunyit, Susu dan Madu

Bahan –bahan yang digunakan

  • Kunyit Bubuk
  • Madu
  • Susu Segar
  • Sendok Teh
  • Mangkok

Langkah – Langkah

  1. Tuangkan satu sendok the kunyit bubuk ke dalam mangkok
  2. Campurkan dengan satu sendok teh madu
  3. Tambahkan satu sampai dua sendok teh susu segar
  4. Campurkan seluruh bahan-bahan sepenuhnya
  5. Aplikasikan masker ke wajah dengan bantuan kuas secara merata

Bilas wajah menggunakan air hangat. Jika masker meninggalkan noda kekuningan pada wajah, bersihkan bagian wajah dengan susu menggunakan kapas. Gunakan masker ini dua sampai 3 hari dalam seminggu.

 

  1. Beda Usia, Beda Pula Cara Menghilangkan Jerawatnya

Bukan hanya remaja yang bermasalah dengan kemunculan jerawat.

Orang dewasa yang sudah berusia 20 hingga 40 tahun pun bisa mengalami hal yang sama. Pada usia remaja, biasanya jerawat akan sembuh dengan sendirinya asalkan rajin membersihkan wajah dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Lantas bagaimana cara menghilangkan jerawat yang efektif di usia dewasa? Beda usia, maka beda pula cara menghilangkan jerawatnya. Ikuti informasi berikut ini supaya Anda makin memahami cara menghilangkan jerawat berdasarkan usia:

 

Jerawat yang Muncul di Usia 20-an

Pasti iri sekali ya rasanya melihat teman-teman yang sudah tidak berjerawat sementara wajah Anda justru masih dipenuhi jerawat ala ABG. Bila hal ini terjadi pada Anda, kemungkinan besar Anda mengalami masalah hormon yang memicu produksi minyak alami secara berlebihan.

Sebaiknya Anda menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung anti bakteri. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi fluktuasi hormon penyebab jerawat.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah mengurangi konsumsi susu dan produk turunannya sebab produk-produk tersebut juga memicu perubahan hormon dalam tubuh.

 

Tentang Timbulnya Jerawat di Usia 30-an

Salah satu faktor pemicu terbesar yang menyebabkan jerawat di usia 30-an adalah tingkat stres yang tinggi.

Konsumsi makanan yang gizinya kurang seimbang, waktu tidur yang tidak mencukupi, stres karena pekerjaan, dan masalah dalam keluarga memang dapat memperbesar risiko jerawat. Demi menuntaskan masalah jerawat di usai 30-an, Anda mesti lebih cermat menjaga keseimbangan hidup.

Mengonsumsi makanan bergizi, meluangkan me time, memiliki waktu tidur yang cukup, dan olahraga secara teratur akan membuat wajah Anda lebih cerah dan bebas jerawat.

Daripada harus berobat ke dokter kulit, tentu akan lebih baik bila Anda berhasil meminimalkan stres sedini mungkin.

 

Bahkan Jerawat Juga Bisa Terjadi pada Usia 40-an

Meskipun jarang terjadi, tetapi masih ada orang yang berjerawat hingga usia kepala 4. Biasanya jerawat tersebut timbul karena perubahan hormon, terutama pada wanita yang hampir mencapai masa menopause.

Anda bisa mengatasi serangan jerawat dengan menggunakan produk khusus jerawat sesuai usia Anda. Usahakan untuk tidak memencet jerawat karena bekas jerawat bisa menimbulkan noda membandel pada kulit Anda.

Usia kulit yang sudah tidak muda lagi memang menghambat proses penyembuhan bekas jerawat. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan wajah sebelum dan sesudah beraktivitas. Bila masalah jerawat tak kunjung tuntas, Anda patut segera berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan solusi terbaik secara medis.

 

  1. Ingin Tahu Cara Menghilangkan Jerawat Ala Selebriti Hollywood?

Tak bisa dipungkiri bahwa Anda pasti pernah merasa iri dengan penampilan selebriti Hollywood yang tampak sempurna tanpa jerawat di wajah.

Selebriti memang selalu tampil memukau sebagai bagian dari profesionalitasnya. Tetapi bukan berarti selebriti Hollywood tidak pernah berhadapan dengan masalah jerawat. Cara menghilangkan jerawat secara ampuh dan cepat adalah kunci utama untuk penampilan yang nyaris sempurna di setiap kesempatan.

Sekarang, mari intip dulu cara ampuh menghilangkan jerawat dari beberapa selebriti Hollywood berikut ini :

 

Mengatasi Jerawat Ala Cameron Diaz

Aktris senior yang terkenal lewat film Charlie’s Angel ini ternyata pernah mengalami masalah kulit akibat jerawat. Namun Cameron Diaz punya cara tersendiri untuk mengatasi masalah tersebut. Ia tidak pernah lupa menggunakan krim anti jerawat pada wajahnya.

Sementara untuk urusan kosmetik, ia memilih foundation anti minyak yang kaya akan bahan mineral. Bila tidak ada minyak berlebihan pada wajah, risiko kemunculan jerawat pun dapat diminimalkan.

 

Lupita Nyong’o Juga Pernah Bermasalah dengan Jerawat

Lupita Nyong’o yang biasanya tampil dengan wajah mulus juga tak luput dari gangguan jerawat. Biasanya Lupita menggunakan bawang putih yang sudah dimemarkan untuk mengatasi jeawat pada wajahnya. Wah, selebriti Hollywood saja sudah membuktikan keampuhan bawang putih.

Jadi, tak ada salahnya kan kalau Anda mencoba cara yang sama.

 

Kendall Jenner Punya Rahasia Ampuh Mengatasi Jerawat

Siapa sih yang tak kenal dengan Kendall Jenner. Aktris cantik ini mengaku bahwa pola hidup sehat adalah kunci sukses mencegah jerawat. Kendall biasanya berolahraga secara teratur, mengurangi konsumsi makanan manis, dan minum air dalam jumlah cukup untuk menangkal jerawat. Saat kulit wajahnya sedang bermasalah, Kendall pun akan langsung berkonsultasi dengan dokter kulit yang terpercaya.

 

Cara Praktis Menghilangkan Jerawat dari Katy Perry

Penyanyi bersuara emas, Katy Perry, juga punya cara tersendiri untuk menghilangkan jerawat. Katy lebih memilih mengurangi penggunaan bedak pada berlebihan, terutama saat wajah sedang berjerawat. Sebagai gantinya, Katy terbiasa menggunakan BB cream untuk menyamarkan jerawat sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi untuk kulit wajahnya.

 

Megan Fox Menerapkan Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Si cantik Megan Fox selalu berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulitnya. Menurut Megan, tubuh yang bugar adalah kunci utama untuk mengatasi sejumlah masalah kulit. Megan Fox juga gemar memanfaatkan buah-buahan dan minyak zaitun untuk merawat kulit wajah. Sebab penggunaan bahan-bahan alami tersebut tentu minim efek samping bagi kesehatan kulit di masa mendatang.

 

  1. Kalau Jerawat Belum Hilang, Mari Belajar Menyamarkannya!

Masalah jerawat yang tak kunjung selesai memang bisa bikin Anda jadi geram dan tidak percaya diri. Namun Anda masih bisa melakukan usaha lain untuk mengatasi jerawat tersebut. Penampilan memang terganggu bila jerawat sedang muncul di wajah.

Kalau begitu, sebaiknya Anda belajar menyamarkan jerawat dengan benar. Maka penampilan Anda pun akan tampak lebih menarik tanpa terganggu oleh kemunculan jerawat. Setelah mempelajari cara menghilangkan jerawat secara alami, modern, dan berdasarkan usia, kini giliran cara menyamarkan jerawat yang patut Anda ketahui :

 

 

Obat Tetes Mata Juga Tak Kalah Bermanfaat

Mengapa obat tetes mata bisa membantu menyamarkan jerawat?

Karena obat tetes mata mengandung anti bakteri yang dapat mencegah peradangan.

Biasanya obat tetes mata mengandung tetrahydrozoline HCl atau Nephazoline HCl untuk mengatasi iritasi mata. Penggunaan obat tetes mata pada kulit berjerawat juga bisa meminimalkan peradangan. Hasilnya, jerawat akan lebih cepat kempes dan tidak memerah lagi.

 

Jangan Ragu Memakai Kapsul Vitamin E

Bila Anda memilih karakter kulit wajah yang kering dan sedang berjerawat, Anda bisa memanfaatkan kapsul vitamin E untuk mengatasi peradangan jerawat.

Karena selain mengandung vitamin E, ada pula omega 3 yang dibutuhkan oleh kulit. Tusuklah ujung kapsul vitamin E dengan jarum yang bersih. Kemudian oleskan cairan dari dalam kapsul tersebut pada seluruh permukaan wajah. Niscaya jerawat yang membengkak dan merah akan lekas hilang dalam waktu singkat.

 

Cermat Memilih Foundation yang Berkualitas

Penggunaan foundation adalah cara paling ampuh untuk menyamarkan jerawat. Anda mesti memilih foundation berkualitas dengan bahan-bahan anti alergi kulit. Supaya nanti jerawat tidak bertambah parah setelah Anda menggunakannya. Pilihlah warna foundation yang paling menyerupai warna kulit Anda.

Pasti Anda tak mau kan kulit wajah Anda jadi tampak belang karena warna foundation yang kurang tepat. Oleskan foundation secara merata, terutama pada bagian wajah yang sedang berjerawat.

 

Menyempurnakan Tampilan Wajah dengan Concealer

Ternyata foundation saja belum cukup untuk menyamarkan jerawat. Anda juga wajib mengaplikasikan concealer sebagai pelengkap. Bila foundation digunakan pada seluruh permukaan wajah dan leher, maka berbeda halnya dengan penggunaan concealer. Produk kosmetik yang satu ini boleh digunakan pada bagian wajah yang berjerawat. Concealer yang sudah bercampur dengan foundation akan membuat warna kulit semakin kelihatan alami.

 

Proses Touch Up Setiap Beberapa Jam Sekali

Setelah Anda menggunakan foundation, concealer, dan bedak untuk menyamarkan jerawat, jangan lupa melakukan touch up setiap beberapa jam sekali. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengandalkan bedak tabur yang bertekstur ringan. Supaya makeup Anda tidak tampak berlebihan bila sudah melakukan touch up beberapa kali. Proses touch up akan kembali memaksimalkan penyamaran jerawat di wajah secara alami.

Semoga ulasan lengkap seputar cara menghilangkan jerawat kali ini dapat bermanfaat bagi kamu yang memiliki berbagai masalah kulit dan tentunya masalah dengan jerawat, baik di muka ataupun bagian tubuh lainnya.

Karena nanti Anda tak akan menggerutu lagi akibat jerawat yang membandel. Mari menjaga kesehatan kulit wajah atau bagian tubuh lainnya secara cermat mulai sekarang.

Supaya nantinya Anda tidak perlu lagi berurusan dengan jerawat yang merepotkan dan mengganggu penampilan Anda. Say good bye to annoying acne!

 



POST COMMENTS

Cantikmanis.net
Cantikmanis.net

menggunakan bahan-bahan kimia dalam perawatan kulit mungkin mempercepat hasilnya, namun lebih baik juga dibarengi dengan cara alami dalam perawatan kulit wajah agar terhindar dari jerawat, terimakasih share nya… bagus untuk nambah wawasan dalam mengatasi jerawat.. www.cantikmanis.net

Leave a comment


Please note, comments must be approved before they are published

(0) Items
Items 0
Subtotal Rp 0.00
To Top