Artikel

TIPS Menjadi Reseller Berpenghasilan Minimal 10 Juta Per bulan

TIPS Menjadi Reseller Berpenghasilan Minimal 10 Juta Per bulan

Authored By CS Slalu.com 0 Comment(s)

Hi Dear :) melalui posting ini kami mau berbagi informasi tips tentang cara untuk memulai dan mengembangkan bisnis Reseller Dropship Anda.

Kami akan mulai dengan membahas beberapa mitos atau pandangan salah tentang bisnis reseller. Setelah itu, kami akan uraikan secara singkat tips dan konsep penting dalam merintis dan membangun usaha kamu.

-------------------------------

MITOS 1 - MENJUAL BARANG ITU SULIT

Statement ini benar dan salah.

Benar kalau kita tidak tahu cara paling efektif untuk berjualan dan salah jika kita sudah tahu tricknya.

Lalu benar jika kita fokus 100% dan bekerja full time sebagai Reseller, salah jika kita tidak serius dan menganggapnya sebagai coba-coba saja.

 

MITOS 2 - BERJUALAN ONLINE TIDAK BISA MENGHASILKAN PENGHASILAN LUMAYAN

Statement  ini juga benar dan salah.

Salah karena banyak Reseller Slalu.com yang bisa menghasilkan antara 5 juta sampai 15 juta rupiah per bulan hanya dengan berjualan online bermodalkan HP.

Benar karena banyak orang yang telah mendaftar Reseller tapi berhenti di tengah jalan atau bahkan tidak berhasil menjual barang sama sekali.

Tapi mengapa banyak reseller yang gagal?

Karena mereka belum memahami konsep berjualan online yang efektif dan tidak punya database customer.

 

A. TIPS BERJUALAN DI MARKETPLACE

Banyak orang yang suka memulai berjualan di Marketplace karena paling cepat dan gampang.

Hanya dengan mendaftar kita sudah bisa berjualan.

Tapi berjualan di Marketplace menurut kami punya tantangannya tersendiri.

Mengapa?

Pertama, produk di Marketplace sangat banyak sehingga kesempatan produk kita dilihat oleh calon pembeli sangat kecil tanpa bantuan iklan atau promosi berbayarnya.

Kedua, kemungkinan besar reseller-reseller lain juga sudah berjualan di sana dan mereka sudah punya banyak review positif sehingga punya tingkat kepercayaan atau trust yang lebih tinggi dibandingkan dengan toko kamu.

Tapi ini tidak berarti kita tidak bisa berjualan di Marketplace.

Di Tokopedia, kita bisa menggunakan fasilitas promosi berbayar iklan promosi dan Gold Merchant untuk memprioritaskan posisi tampilan produk kita.

Di Bukalapak, dan Shopee kita bisa memakai fasilitas Push untuk menaikkan posisi produk.

Daya tarik Shopee saat ini adalah free ongkir untuk belanjaan di atas 120.000 dengan maksimum free ongkir 30.000. Di bawah 120.000 dikenakan ongkir seperti biasa.

 

Maksimumkan Kata Kunci di Judul Produk

Kata kunci adalah aspek yang sering diabaikan oleh banyak penjual.

Padahal, trik ini dapat menghasilkan pengunjung ke toko Anda di Marketplace.

Contoh, jika anda menjual pakaian wanita, pastikan di judul produk Anda ada kata misalkan Blus Wanita, T-shirt Wanita.

Jika Anda menjual Tas, pastikan ada kata Tas Wanita di judul produk Anda.

 

Tingkatkan Kualitas Customer Service - Ramah & Tanggap

Customer service atau menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan sangat penting.

Jika ada customer yang bertanya, pastikan kita menjawab dengan cepat dan ramah.

Jika ada customer yang komplain tentang barang yang dia beli, segera minta maaf kepada customer dan tawarkan cara untuk menyelesaikan masalahnya.

 

B. KONSEP DATABASE - TINGKATKAN JUMLAH FOLLOWER INSTAGRAM & LINE@

Cara berjualan yang menurut kami paling efektif adalah membangun Database atau jumlah Follower di Social Media terutama Instagram dan LINE@.

Instagram adalah media yang dinamis karena ada banyak cara untuk meningkatkan jumlah follower. Ada beberapa reseller Slalu.com yang memiliki 20.000 s/d 45.000 ribu follower di akun IGnya dan otomatis penjualan mereka juga bagus.

Jika akun IG kamu masih baru, kami menyarankan untuk menargetkan 1000 follower terlebih dahulu.

Jadi kesimpulannya adalah fokuskan untuk membangun database lebih dulu. Jika database atau follower kita bertambah, dengan sendirinya penjualan juga akan bertambah.

 

Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Follower IG?

Ada banyak cara untuk meningkatkan follower IG kamu, antara lain:

  1. Umumkan ke teman-teman di Akun social media kita (WA, BBM, Facebook,Twitter)

Cara ini sangat mudah, cepat, dan efektif karena kita hanya perlu memberitahu kepada teman-teman kita di akun Social Media yang telah kita miliki.                     

  1. Hashtag

Gunakan hashtag yang relevan di bawah posting Instagram kamu. Jumlah maksimum hashtag yang dapat dipasang dalam posting adalah 30. Fungsi hashtag adalah untuk menjaring follower yang mencari kata kunci sesuai dengan hashtag kita di search Instagram. 

  1. Paid Promote

Paid Promote adalah cara dengan memasang iklan di akun Instagram milik orang lain yang memiliki jumlah follower yang banyak. Cara ini cukup efektif, tapi kita harus jeli karena banyak akun yang followernya pasif dan tidak banyak interaksi dari followernya. 

  1. SFS

SFS adalah singkatan dari Shoutout for Shoutout. Ini adalah teknik saling promosi antar online shop di Instagram. Biasanya paling mudah adalah dengan bekerja sama dengan akun yang jumlah followernya mirip dengan jumlah follower yang kita miliki dan menjual produk yang berbeda dengan yang kita. 

  1. Like & Comment

Like adalah cara promosi dengan meng-like posting Instagram orang lain dengan harapan jika pengunjung lain akun itu mengklik untuk melihat siapa saja yang meng-like sebuah postingan, maka dia akan tertarik mengklik akun kita dan lalu tertarik untuk memfollow akun kita.

Comment juga salah satu cara iklan dengan memposting komentar di akun selebritis atau akun lain yang followernya banyak. Tujuannya adalah supaya orang lain akan melihat komen kita kemudian memfollow akun kita. 

  1. Follow & Unfollow

 Dengan cara ini kita menfollow akun Instagram orang lain dengan harapan dia akan menfollow back akun kita. Setelah itu kita pelan-pelan unfollow lagi.

Untuk mengetahui cara-cara lain untuk meningkatkan follower IG, silakan klik link berikut:

http://www.rumahawan.com/mau-dapet-100-follower-setiap-hari-di-instagram-gunakan-7-cara-ini/

 

C. CHAT MESSENGERS - LINE@, LINE, WA, BBM - PERBANDINGAN

Apa bedanya LINE dan LINE@?

LINE@ dikhususkan untuk bisnis. Sedangkan LINE dikhususkan untuk chat dan komunikasi pribadi.

Kelebihan LINE@ adalah dapat membroadcast message dan gambar ke semua follower kita, dan ada auto reply.

LINE biasa bisa broadcast tapi harus memilih 1 per satu teman sebelum membroadcast pesan.

Jumlah limit maksimum teman LINE adalah 5000, sedangkan LINE@ tidak terbatas.

Link LINE@:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linecorp.LINE@.android&hl=en

 

Yang mana lebih baik? LINE, LINE@, WA atau BBM?

Dilihat dari tren popularitas saat ini, kami menilai yang terbaik adalah LINE. Oleh karena itu untuk bisnis LINE@ adalah pilihan terbaik untuk membangun database pelanggan karena LINE@ adalah aplikasi bisnis khusus untuk pengguna LINE.

WA saat ini masih sangat popular tapi kelemahannya customer baru yang mengontak WA kita harus menyimpan kontak no. hp dulu kita dulu di Contacts-nya sebelum dia bisa menerima Broadcast promosi dari kita.

BBM sedang mengalami tren penurunan sudah tidak sepopular dulu lagi. Kami memantau makin banyak orang yang meng-uninstall BBMnya dan beralih ke messenger lain seperti WA dan LINE.

 

KOMBINASI INSTAGRAM & LINE@

Konsep menggabungkan LINE@ dengan Instagram adalah trik lain yang sangat efektif. Kami menyarankan untuk memakai LINE@ karena LINE@ dikhususkan untuk bisnis dan bisnis membroadcast pesan promosi ke semua follower kita.

Tricknya adalah menggunakan LINE@ kamu sebagai sarana untuk menjawab pertanyaan customer.

 

KOMBINASI INSTAGRAM & SHOPEE - TRICK FREE ONGKIR

Shopee adalah salah satu marketplace yang sedang naik daun dalam setahun terakhir. Banyak pedagang dan reseller yang suka berjualan di sana karena mereka ada program ONGKIR GRATIS :) untuk penjualan minimal 120.000 dan maksimal free ongkirnya 30.000. 

Salah satu trick yang bisa kita gunakan adalah menawarkan free ongkir untuk customer kita di Instagram dan LINE dengan cara mencheck out produknya di Shopee. 

Fasilitas free ongkir Shopee kami prakirakan masih akan berubah ke depannya dan pada suatu saat akan berakhir. Mulanya shopee tidak ada batasan minimal belanja, tapi beberapa bulan yang lalu dirubah menjadi minimal 120.000. 

Tapi selama masih ada Offer Special tersebut, mengapa tidak? 

 

MENYEBAR KONTAK LINE@ KE BERBAGAI CHANNEL

Pastikan juga untuk menggunakan setiap kesempatan untuk menginformasikan kontak LINE@ kamu kepada pelanggan di semua channel penjualan. Kalau kamu berjualan di Tokopedia, pastikan ada info id LINE@ kamu di sana. Sertakan kontak LINE@mu di profil, dan di deskripsi produk. Jangan lupa untuk menulis kontak LINE@ di profil IG tokomu.

 

D. TIPS LAINNYA

VARIASIKAN DENGAN PRODUK FASHION LAINNYA.

Kami menyarankan kamu untuk menjual produk fashion lainnya juga dan tidak terbatas pada produk Slalu.com saja. Tas boleh dibilang cukup mudah menjualnya tapi perputarannya tidak secepat fashion.

 

KETEKUNAN & KONSISTENSI

Ini tip kami yang terakhir tapi yang paling penting yaitu ketekunan dan konsistensi. Semua reseller sudah mengetahui cara untuk meningkatkan penjualannya, tapi hanya mereka yang rajin dan tekun saja yang akhirnya akan berhasil. Jika kita sudah mencoba berbagai cara tapi masih belum berhasil, jangan menyerah. Pelajari kali mengapa tidak berhasil, pikir cara baru, lalu coba lagi. Dengan demikian pelan-pelan kita akan berhasil.

SEMOGA SUKSES!

 



POST COMMENTS

Leave a comment


Please note, comments must be approved before they are published

(0) Items
Items 0
Subtotal Rp 0.00
To Top